ADAKAH HUKUMNYA..?? Membaca Alquran Aplikasi di Ponsel Harus Berwudhu?

ISLAMBERADAB - Di zaman yang serba digital ini, membaca Alquran di manapun menjadi mudah. Karena sekarang sudah ada aplikasi Alquran di ponsel.





Sebagian Muslim tentu sudah paham sebelum melaksanakan ibadah harus bersuci dulu. Termasuk juga ketika akan membaca Alquran, diharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Di zaman yang serba digital ini, membaca Alquran di manapun menjadi mudah. Karena sekarang sudah ada aplikasi Alquran di ponsel.

Yang menjadi pertanyaan, apakah membaca Alquran di ponsel harus berwudhu terlebih dahulu seperti ketika membaca mushaf Alquran?

Ponsel yang di dalamnya terdapat Alquran baik tulisan maupun rekaman tidak sama hukumnya dengan mushaf. Jadi, membacanya tanpa bewudhu terlebih dahulu diperbolehkan.

Selain itu, masuk kamar mandi atau melakukan hal lain dengan ponsel yang terdapat Alquran juga diperbolehkan.

Alasannya karena tulisan Alquran di ponsel tidak seperti tulisan dalam mushaf. Ia merupakan gelombang yang ditampakkan kemudian akan hilang, bukan huruf yang tetap. Selain itu, di dalam ponsel terdapat aplikasi Alquran serta aplikasi lainnya.


Ketika membaca Alquran dari mushaf diharuskan berwudhu, serta harus suci dari najis dan hadats. Hal ini tidak berlaku bagi orang yang akan membaca Alquran pada ponsel.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "ADAKAH HUKUMNYA..?? Membaca Alquran Aplikasi di Ponsel Harus Berwudhu?"

Post a Comment